Tips Menentukan Lensa Kamera Dslr Canon, Nikon, Sony Fuji

By | January 29, 2022

Hal-hal yg perlu diperhatikan untuk memilih lensa kamera DSLR agar hasil foto lebih berkualitas

Jago Foto – Lensa adalah galat satu komponen kamera yg berfungsi buat merekam gambar. Melalui lensa, cahaya masuk ke dalamnya lalu dipantulkan ke dalam body kamera.

Tahukah anda bahwa berbeda lensa, maka tidak sama jua hasilnya.

Faktor pembeda lensa satu menggunakan yg lain terdapat pada ::Kemampuan mengambil gambar yg jarak dekat & jauhKemampuan merekam gambar yang lebar & sempitKemampuan membuat efek blur yg tidak selarasKemampuan membentuk gambar yang tajamKemudahan pada menggunakan (lensa auto dan lensa manual)

Lensa kemudian juga dibagi lagi sebagai lensa jenis lensa baku & lensa premium. Lensa baku biasanya masih ada dalam bawaan ketika membeli kamera seperti lensa 18-55 atau 18-105, biasa pula disebut lensa kit.

Saya nir menyebut hasil dari lensa kit tidaklah jelek. Namum buat menerima hasil gambar yg lebih cantik cobalah memakai lensa premium.

Lensa premium umumnya mempunyai harga yang lebih mahal daripada lensa standar.

Tidak salahmemang sebab lensa-lensa tersebut memiliki kemampuan menciptakan hasil gambar lebih baik & tajam.

Selain itu bahan pembuatan lensa itu tentunya adalah bahan yg lebih rupawan daripada lensa standar.Lensa premium merek Carl Zeiss.

Hampir setiap merek kamera mempunyai produk lensa yg dibuat secara premium. Misalnya, Nikon dengan lensa premium jenis Nano yang biasa dianggap gelang emas, Canon menggunakan jenis lensa seri L atau biasa disebut gelang merah.Tips memilih lensa ke 2 buat menciptakan foto sinkron harapan

Bagi fotografer, cita rasanya belum cukup jikalau memiliki hanya satu lensa. Keterbatasan dalam membuat gambar masih terasa kalau hanya satu lensa. Makanya tidak sporadis seorang fotografer mempunyai beberapa lensa. Saya sendiri mempunyai lima buah lensa.

Keinginan menambah lensa bukanlah hal yg dilakukan buat pamer semata. Tetapi setiap lensa memiliki fungsi dan karakter yang berbeda-beda.

Untuk menentukan lensa kedua menjadi alat-alat kamera anda, cobalah tanyakan pada diri sendiri dahulu, foto misalnya apa yg anda ingin buat?

Kalau jawabannya anda ingin menciptakan foto pemandangan yang lebih baik dengan sudut pengambilan (angle) yang lebih lebar, maka sebaiknya anda memilih lensa wide atau ultra wide.

Kalau anda ingin membuat foto model dengan pengaruh blur yg lebih mantap, alangkah baiknya membeli lensa fix, menggunakan bukaan lensa (f/) yang lebih akbar (f/ angka mini).

Tetapi biasanya pada umumnya orang menyukai lensa yang sanggup membuat output foto dengan impak blur. Maka orang kebanyakan membeli lensa ke 2 menggunakan lensa fix 50mm dengan bukaan f/1.4. Ini telah sebagai bekalnya menciptakan foto lebih menarik.foto contoh menggunakan lensa 50mm f/1.4

Bukan sekedar beli saja, namun memang kegunaan lensa fix lebih banyak daripada lensa-lensa lainnya. Misalnya, anda dihadapkan situasi memotret famili atau teman dengan suasana santai, maka lensa fix merupakan senjata terbaik untuk menunjukkan bahwa anda bisa menciptakan foto yang indah.

Selain itu dampak bokeh atau blur yang didapatkan berdasarkan lensa 50mm bisa membuat hasil foto anda terlihat lebih premium, lebih latif. Saya rasa tidak ada yg membenci hasil foto menggunakan imbas blur pada fotonya.Jangan berasal membeli lensa ke 2

Ini berlaku bagi anda yg terbatas dana buat membeli lensa. Namun jika anda memiliki cukup dana silahkan membeli lensa dengan focal lenght (panjang), dan bukaan yang bhineka.

Misalnya anda ingin menambah lensa buat kebutuhan foto landscape silahkan membeli lensa dengan focal lenght mulai berdasarkan 10mm buat kamera apsc, dan 16mm buat kamera full frame.

Lalu anda sekalian membeli lensa fix 135mm buat memotret contoh atau foto candid menurut jeda jauh.Perhatikan focal length dan bukaan lensa yg akan dibeli

Ini sangat krusial. Perbandingan antara panjang lensa menggunakan bukaannya sangatlah penting. Jangan sampai anda keliru memilih. Misalnya, anda ingin membeli 50mm, apabila anda memakai kamera apsc, maka lebih baik anda mengurungkan niat buat membeli lensa 50mm.

Bukannya nir cantik tetapi sayang sekali kemampuannya pada menghasilkan gambar tidak akan maksimal .

Menurut gw menggunakan focal lengt 50mm hasilnya nir sebanding ketika menggunakannya pada kamera full frame. Sejatinya lensa full frame akan terasa sekali efeknya ketika digunakan dalam kamera full frame. Dimensinya terasa lebih hidup.

Saya pernah memiliki lensa 50mm yang aku pasang pada kamera apsc saya namun sporadis puas saat melihat hasilnya buat foto orang.

Saran aku merupakan lebih baik anda membeli lensa 35mm menggunakan bukaan minimal 1.8. Dengan panjang lensa 35mm output foto akan terasa lebih lezat. Dimensi foto akan lebih kelihatan mengagumkan.

Satu contoh lagi, misalnya anda memiliki pilihan antara lensa 135mm f/dua.8 atau lensa zoom 70-135mm f/3.lima Maka lebih baik anda merogoh yang lensa fix 135mm f/dua.8 saja. Lantaran selain memiliki bukaan yang lebih akbar, pula akan lebih tajam output dari lensa fix tersebut.Foto menggunakan lensa 135mm f/dua.8 menggunakan kamera apsc

Bagi anda yg ingin memiliki lensa ke 2 dengan fokus fotografi landscape maka sebaiknya anda memulai memilih lensa dengan focal lenght terpendek lebih kurang 10 atau 12 mm menggunakan bukaan besarseperti f/dua.8.

Lensa wide dengan bukaan besarmisalnya itu akan membantu anda pada membuat foto landscape yg menarik pada malam hari, terutama apabila anda membidik foto bintang.Akhir kata

Suatu hal yg terpenting harus diingat merupakan bahwa janganlah kita sebagi fotografer terpenjara atau merasa kekurangan hanya lantaran permasalahan indera. Ingatlah bahwa kamera hanyalah indera buat merekam gambar.

Hasil foto yg dihasilkan akan lebih bermakna jika anda mengetahui, menguasai & memaksimalkan indera yg anda miliki.

Banyak orang yg membeli kamera mahal, aksesoris yang mahal namun belum sanggup membentuk gambar yang mengagumkan. Itu merupakan sesuatu yg miris.

Jika anda berpikiran bahwa kamera dan lensa yang anda miliki bisa anda pakai buat membentuk gambar yang indah, kenapa tidak mulai memaksimalkan alat yg anda miliki saat ini. Itu lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *