Daftar Nama Hewan Dari Awalan Huruf B

By | May 10, 2022

4. Banteng

Kekuasan Tuhan atas semua ciptaannya memang sangat menakjubkan. Bagaimana tidak? sebab Tuhan telah menciptakan beragam jenis makhluk yang hidup secara berdampingan. Ya, seperti halnya hubungan manusia dengan hewan, dimana kita memiliki ketergantungan terhadap hewan tertentu begitupun sebaliknya.

Ngomong-ngomons soal hewan, berikut di bawah ini ada daftar nama hewan dari huruf B yang harus kamu ketahui.

  1. Biawak

Daftar hewan pertama yang nama awalannya dari huruf B, yakni bernama Biawak. Pada dasarnya, Biawak ini masih sejenis kadal namun dengan ukuran yang lebih besar.

Adapun mengenai keberadaan Biawak yang tersebar di berbagai daerah beriklim panas dan tropis, seperti Asia, Australia, serta Afrika. Untuk jenis Biawak yang paling besar di dunia adalah komodo, dimana ukuran panjangnya bisa mencapai lebih dari 3 meter.

Biawak kerap memangsa hewan berukuran sedang hingga yang besar, mulai dari kelinci, rusa, babi hutan, hingga anak kerbau. Biasanya Biawak lebih senang berada di area-area yang berarir dan lembab, seperti hutan, rawa-rawa, hilir sungai, hingga di padang rerumputan.

Bahkan, tak jarang Biawak ini kita jumpai di daerah perkotaan yang sering bersarang di sebuh gorong-gorong saluran air. Meski ukuran tubuhnya terbilang besar, namun Biawak ini sangat pandai memanjat dan berenang lho.

Saat memasuki musim kawin, biasanya Biawak jantan akan saling bersaing terlebih dulu untuk menunjukkan kekuatan agar si betina lebih tertarik kepadanya. Alhasil, Biawak jantan akan bertarung hingga titik darah penghabisan.

  1. Buaya

Berbicara soal hewan penguasa sungai dan rawa-rawa, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada buaya bukan? Ya, hewan reptil yang bertubuh besar ini termasuk kedalam anggota suku crocodylidae, dimana ia memang lebih suka hidup di perairan yang tenang.

Adapun mengenai kerabat dekat dari buaya, seperti kaiman, gavial, dan aligator. Meski bentuk fisiknya tampak sama, namun pada masing-masing spesies buaya tersebut memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda.

Buaya adalah hewan berdarah dingin dengan sifat agresif, sehingga ia bisa memakan apa saja yang dijumpainya termasuk manusia. Itu sebabnya, mengapa keberadaan buaya sangat ditakuti oleh orang-orang.

  1. Banteng

Banteng ini bisa dibilang sebagai saudara kandungnya sapi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tampilan fisik banteng dengan sapi hampir serupa. Mulai dari bentuk kepala, punggung, ekor, dan tanduk.

Akan tetapi, tubuh banteng jauh lebih berotot dibanding sapi. Dimulai dari tulangnya yang berukuran lebih tebal, ukuran kaki yang lebih besar, leher berotot dan berukuran besar, hingga ukuran tanduk yang lebih besar serta panjang.

Ukuran tanduk banteng dewasa berkisar antara 60 cm sampai 75 cm. Para peneliti membagi banteng menjadi tiga supspesies, yakni banteng jawa, banteng kalimantan, dan banteng indocina. Banteng merupakan jenis hewan herbivora yang kerap memakan berbagai macam tumbuhan, seperti rumput, daun, tunas, bunga, hingga buah-buahan.

  1. Beruang

Dibalik tampilannya yang cukup mengemaskan, ternyata beruang ini adalah jenis hewan buas yang memiliki sifat agresif. Tentu saja beruang sangat tidak bersahabat bagi manusia maupun jenis hewan lainnya.

Ketika beruang dalam keadaan berdiri, maka ukuran tubuhnya bisa mencapai hingga 2 meter lebih. Adapun jenis makanan kesukaan beruang adalah ikan dan daging-dagingan lainnya.

Namun, pada faktanya beruang ini kerap ketakutan saat berhadapan dengan anjing maupun serigala. Padahal, ukuran tubuhnya jauh lebih besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *